Selamat datang di Kosim.web.id, semoga Kita s'lalu dalam lindungan-Nya

Asal-usul Nama Amerika


Peta Amerika Latin yang ditemukan Amerigo Vespucci melalui citra satelit

Once upon a time, ada pelaut berbangsa Italia bernama Amerigo Vespucci yang lahir 9 Maret 1494 dan meninggal 22 Februari 1522 . Di zamannya, sekitar tahun 1499-1502, ia telah berlayar sampai Rio de Plate dan Tierra del Fuego, ujung Amerika Latin. Pada pelayaran yang kedua, ia menyadari bahwa ia menemukan benua baru bukan India seperti yang orang Eropa duga sebelumnya. Dari nama pelaut inilah Amerika punya nama saat Martin Waldseemuller menerbitkan sebuah buku peta dunia dan memberi benua baru ini dengan nama Amerika.

About the Author

Ayah dari 3 anak blasteran Jawa dan Bugis-Mandar, non partisan, pembelajar, dan santri.

3 komentar

  1. tentulah sangat aneh..mengingat penemu benua amerika sendiri disebut2 bernama christoper columbus
  2. Penemu ialah yang menempati tempat itu untuk yang pertama kalinya.

    Sedangkan yang menempati pertama kali di benua Amerika ialah suku Indian.

    Jadi penemu benua Amerika ialah SUKU INDIAN,bukan COLUMBUS ataupun AMERIGO.
  3. @neng ul: colombus pertama mendarat di kepulauan Karibia cq Kuba, smentara Amerigo di Amerika Selatan. Sebelum mereka, telah bermukim orang2 dari Asia melalui selat Bering. Juga Muslim Arab. Menurut sejarah, navigator kapal yg ditumpangi Colombus adalah Muslim.
    @mahamega: ya itu betul, tapi anda juga harus konsisten. Maksud saya, ketika anda menyatakan bukan Colombus/ Amerigo yang menemukan benua baru, anda jangan menggunakan kata "indian" sebab perkataan ini lahir setelah Colombus menginjakkan kakinya di Kuba, yang mengira mereka orang Hindian. Jadi, bila anda menafikkan Colombus, anda juga harus menafikkan apa-apa yang berasal dari dia ttg amerika.
Silakan memberikan saran, masukan, atau tanggapan. Komentar Anda akan saya moderasi terlebih dahulu. Tautan aktif sebaiknya tidak dipasang dalam komentar. Dan, mohon maaf, komentar Anda mungkin tidak segera saya balas, karena kesibukan dan lain hal. Terima kasih :)
---Kosim Abina Aziyz
Subhanallah!
Sepertinya ada sesuatu yang tidak beres dengan koneksi internet Anda. Hubungkan lagi koneksi internet Anda dan mulailah berselancar kembali!